1) Kegiatan adu argumentasi dalam memutuskan masalah dan perbedaan, yang
dilakukan dua pihak atau lebih, baik secara perorangan maupun kelompok.
Pernyataan tersebut merupakan pengertian dari....
a. debat
b. argumen
c. diskusi
d. seminar
e. simposium
a. debat
b. argumen
c. diskusi
d. seminar
e. simposium
2) Unsur
debat yang berupa hal atau topik yang menjadi bahan perdebatan disebut …
a.
notulen
b.
moderator
c.
mosi
d.
tim afirmatif
e.
tim negatif
3) Perbedaan
antara tim afirmatif dan tim negatif, yaitu …
a.
Tim afirmatif tidak mendukung mosi sedangkan tim negatif
mendukung mosi
b.
Tim afirmatif menyanggah mosi sedangkan
tim negatif menolak mosi
c.
Tim afirmatif mendukung mosi dan tim
negatif setuju terhadap mosi
d.
Tim afirmatif setuju terhadap mosi
sedangkan tim negatif mendukung mosi
e.
Tim afirmatif setuju terhadap mosi
sedangkan tim negative tidak setuju terhadap mosi
4) Tujuan
debat adalah berikut ini, kecuali…
a.
Melatih keberanian mengeluarkan pendapat
b.
Melatih kepercayaan diri dalam berbicara
c.
Melatih mematahkan pendapat lawan
d.
Meningkatkan kemampuan membela diri
e.
Meningkatkan kemampuan merespon suatu
masalah
5) Berikut
merupakan ciri-ciri dari debat, kecuali…
a.
Terdapat satu sudut pandang yang sama
b.
Adanya proses saling mempertahankan
pendapat
c.
Adanya adu argumentasi berdasarkan fakta
d.
Adanya pihak yang berperan sebagai
penengah
e.
Sesi tanya jawab bersifat terbatas
6) Struktur
debat secara urut adalah …
a.
Generalisasi, analogi, sebab akibat
b.
Pembukaan, isi, penutup
c.
Pengenalan, penyampaian argumentasi,
debat, simpulan
d.
Abstraksi, orientasi, krisis, reaksi,
koda
e.
Orientasi, permintaan, pemenuhan,
penawaran
7) Dalam
kegiatan debat, kita diberi kesepakatan untuk menyampaikan pendapat atau sanggahan
yang ditujukan pada....
a. narasumber
b. lawan debat
c. moderator
d. pembicara
e. penengah
a. narasumber
b. lawan debat
c. moderator
d. pembicara
e. penengah
8) Pentingnya
membuat kerangka (bagan) untuk sebuah acara perdebatan merupakan salah satu
kewajiaban seseorang .... sebelum melakukan debat.
a. tim debat
b. panelis
c. lawan debat
d. moderator
e. narasumber
a. tim debat
b. panelis
c. lawan debat
d. moderator
e. narasumber
9)
Dalam kegiatan debat, moderator
layaknya seorang wasit dalam pertandingan. Untuk itu, moderator yang dipilih
harus....
a. baik
b. memihak salah satu peserta
c. tidak mau peduli terhadap jalannya debat
d. memebuat suasana memanas
e. netral atau tidak memihak salah satu peserta debat
a. baik
b. memihak salah satu peserta
c. tidak mau peduli terhadap jalannya debat
d. memebuat suasana memanas
e. netral atau tidak memihak salah satu peserta debat
10) Kegiatan debat yang dilakukan oleh
anggota parlemen termasuk jenis debat....
a. informal
b. formal
c. terstruktur
d. ada aturannya
e. terencana
a. informal
b. formal
c. terstruktur
d. ada aturannya
e. terencana
11) Mungkin
sebagian dari kita berfikir bahwa debat merupakan kegiatan mematahkan pendapat
lawan. Sebenarnya debat adalah bagaimana cara kita (debater) membuat orang
lain....
a. membela kita
b. memberikan yang terbaik
c. terpengaruh dan setuju dengan argumen yang disampaikan
d. membuat audiens terpukau karna kita mampu menjatuhkan lawan debat
e. membuat lawan debat mengamuk.
a. membela kita
b. memberikan yang terbaik
c. terpengaruh dan setuju dengan argumen yang disampaikan
d. membuat audiens terpukau karna kita mampu menjatuhkan lawan debat
e. membuat lawan debat mengamuk.
12) Salah
satu metode yang dapat digunakan dalam debat adalah metode....
a. langka
b. menjatuhkan lawan
c. mengkritik lawan
d. terpatahkan
e. logika
a. langka
b. menjatuhkan lawan
c. mengkritik lawan
d. terpatahkan
e. logika
13) Salah
satu manfaat membuat kerangka debat adalah....
a. memudahkan menjatuhkan lawan debat
b. menilai kerja lawan
c. membuat argumen-argumen yang tepat
d. memudahkan dalam menentukan sebuah topik
e. memilih cara damai
a. memudahkan menjatuhkan lawan debat
b. menilai kerja lawan
c. membuat argumen-argumen yang tepat
d. memudahkan dalam menentukan sebuah topik
e. memilih cara damai
14) Pada
dasarnya, menulis kerangka sebuah debat tidak jauh berdeba dengan kerangka
dasar jurnal atau pidato. Namun, dalam membuat kerangka debat harus....
a. rapi dan bijaksana
b. terstruktur dengan baik
c. terorganisir dan dipresentasikan
d. adanya tanya jawab dengan narasumber
e. dapat mengajukan gagasan atau sanggahan yang sesuai dengan topik
a. rapi dan bijaksana
b. terstruktur dengan baik
c. terorganisir dan dipresentasikan
d. adanya tanya jawab dengan narasumber
e. dapat mengajukan gagasan atau sanggahan yang sesuai dengan topik
15) Perlu
disadari bahwa adanya perbedaan pendapat lumrah dalam suatu debat. Kedua belah
pihak harus menyadari tujuan mengikuti debat, yaitu....
a. mengikuti ajang bergengsi dari setiap sekolah.
b. mematikan lawan debat dengan sempurna.
c. menilai jalannya kegiatan debat.
d. menyimpulkan hasil debat.
e. menyampaikan pendapat masing-masing.
a. mengikuti ajang bergengsi dari setiap sekolah.
b. mematikan lawan debat dengan sempurna.
c. menilai jalannya kegiatan debat.
d. menyimpulkan hasil debat.
e. menyampaikan pendapat masing-masing.
16) Salah
satu hal yang tidak dibenarkan dalam kegiatan debat adalah....
a. menilai baik lawan debat
b. berdiskusi dengan lawan debat
c. melakukan perlawanan terhadap dewan juri
d. tidak menghina lawan debat
e. memberikankeleluasaan kaepada lawan debat
a. menilai baik lawan debat
b. berdiskusi dengan lawan debat
c. melakukan perlawanan terhadap dewan juri
d. tidak menghina lawan debat
e. memberikankeleluasaan kaepada lawan debat
17) Dalam
kegiatan debat sangat diperlukan seorang yang bisa bertindak atau menangani acara
debat tersebut. Orang yang dimaksud adalah....
a. moderator
b. dewan juri
c. peserta
d. lawab debat
e. narasumber
a. moderator
b. dewan juri
c. peserta
d. lawab debat
e. narasumber
18) Pihak
yang dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dalam kegiatan debat. Hal
tersebut merupakan pengertian dari....
a. debat parlementer
b. moderator
c. narasumber
d. peserta debat
e. audiens debat
a. debat parlementer
b. moderator
c. narasumber
d. peserta debat
e. audiens debat
19) Salah
satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat lawan debat tidak berkutik saat
adu argumen adalah....
a. katakan dengan kata fakta dan data.
b. buat suasana debat tegang.
c. lakukan debat dengan ikhlas.
d. matikan lawan dengan berbagai cara.
e. buat lawan bertekuk lutut.
a. katakan dengan kata fakta dan data.
b. buat suasana debat tegang.
c. lakukan debat dengan ikhlas.
d. matikan lawan dengan berbagai cara.
e. buat lawan bertekuk lutut.
20) Dalam
melakukan debat, jumlah peserta dari kedua kelompok tersebut harus sama. Dalam
debat terdapat dua kelompok, yaitu....
a. oposisi dan negatif
b. pro dan afirmatif
c. pasif dan aktif
d. afirmatif dan negatif
e. plus dan minus
a. oposisi dan negatif
b. pro dan afirmatif
c. pasif dan aktif
d. afirmatif dan negatif
e. plus dan minus
21) Sebelum
debat dimulai, harus menentukan topik yang akan diperdebatkan. Topik debat
harus dapat....
a. dipertentangkan
b. dipertanyakan
c. ditanya-jawab
d. dianalisis
e. diambil hikmatnya
a. dipertentangkan
b. dipertanyakan
c. ditanya-jawab
d. dianalisis
e. diambil hikmatnya
22) Berikut
ini termasuk cara-cara untuk menangkap dan menafsirkan topik, kecuali....
a. kuasailah topik yang akan d iperdebatkan.
b. carilah sumber-sumber yang akurat untuk mempermudah penafsiran.
c. carilah narasumber yang tepat dan memihak kepada kita
d. kupaslah topik itu secara mendalam
e. tanggapilah penafsiran topik pembicaraan debat dengan cara memahami konsep inti yang akan dibicarakan.
a. kuasailah topik yang akan d iperdebatkan.
b. carilah sumber-sumber yang akurat untuk mempermudah penafsiran.
c. carilah narasumber yang tepat dan memihak kepada kita
d. kupaslah topik itu secara mendalam
e. tanggapilah penafsiran topik pembicaraan debat dengan cara memahami konsep inti yang akan dibicarakan.
23) Berikut
ini kaidah-kaidah yang harus diperhatikan untuk menyampaikan gagasan dalam
debat, kecuali....
a. sampikanlah gagasan dengan jelas dan dengan argumen yang masuk akal.
b. gunakan kalimat yang panjang agar membingungkan lawan
c. gunakan bahasa yang baik dan benar
d. sesuaikan gagasan dengan topik yang dipedebatkan
e. gunakan lafal, suara, dan intonasi yang jelas.
a. sampikanlah gagasan dengan jelas dan dengan argumen yang masuk akal.
b. gunakan kalimat yang panjang agar membingungkan lawan
c. gunakan bahasa yang baik dan benar
d. sesuaikan gagasan dengan topik yang dipedebatkan
e. gunakan lafal, suara, dan intonasi yang jelas.
24) Bentuk
rasa tidak setuju seseorang terhadap gagasan orang lain. Pernyataan tersebut
merupakan pengertian dari....
a. sanggahan
b. gagasan
c. opini
d. pendapat
e. fakta
a. sanggahan
b. gagasan
c. opini
d. pendapat
e. fakta
25) Berikut
ini adalah ciri ragam kebahasaan dalam debat ilmiah, kecuali…
a.
Kaidah yang digunakan harus sesuai
kaidah baku Bahasa Indonesia
b.
Ide yang diungkapkan sesuai fakta, logis,
dan sistematis
c.
Kata yang dipilih bermakna denotasi
d.
Meminimalkan penggunaan Bahasa selain
Bahasa Indonesia baku
e.
Kalimat yang digunakan tidak harus
langsung menjuju sasaran